GULA digunakan untuk menyebut pemanis alami yang bisa dan kerap ditambahkan dalam industri kuliner. Saking banyaknya jenis gula, banyak orang yang keliru dan salah menangkap jenis gula. Beberapa gula bahkan punya tampilan dan rasa yang mirip.

Tiga jenis gula yang kerap membuat bingung karena terkesan mirip adalah jenis gula palem, gula jawa dan gula aren. Ketiganya memang terlihat mirip namun berbeda. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ciri dan karakter gula yang serupa tapi tak sama.

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Gula Palem, Gula Jawa Dan Gula Aren

Gula Palem

Gula jenis ini disebut juga sebagai gula semut. Gula palem terbuat dari nira atau sari batang tumbuhan palem-paleman. Gula ini punya bentuk seperti gula pasir namun warnanya coklat dan memiliki aroma harum yang khas.

grosir gula merah - Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Gula Palem, Gula Jawa Dan Gula Aren

Gula jawa

Gula jawa populer dengan sebutan gula merah. Gula ini juga berasal dari nira atau sari batang pohon palem. Gula ini bentuknya padat silinder atau secara tradisional dibentuk menggunakan cetakan batok kelapa. Gula jawa banyak dimanfaatkan sebagai tambahan bahan pemanis makanan tradisional Indonesia.

Gula aren - Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Gula Palem, Gula Jawa Dan Gula ArenGula aren

Gula aren mirip seperti gula jawa namun memiliki warna yang lebih coklat pekat dan gelap. Bentuk gula ini juga mirip seperti gula jawa yang dicetak dengan batok kayu. Aroma gula aren lebih khas dan kuat dibanding gula jawa. Gula ini berasal dari nira pohon enau yang diolah dengan cara tradisional. Gula aren cocok digunakan dalam masakan ataupun minuman tradisional.

sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2017/04/07/298/1661824/serupa-tapi-tak-sama-ini-bedanya-gula-palem-gula-jawa-dan-gula-aren

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Gula Palem, Gula Jawa dan Gula Aren

One thought on “Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Gula Palem, Gula Jawa dan Gula Aren”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *